Senin, 13 April 2009

Lomba


Hampir setiap ada lomba anak seperti mewarnai baik lewat sekolah maupun pibadi saya selalu mengikut sertakan anak saya Alifa. Kadang ada pertanyaan pada diri sendiri seorang ibu yang ambisiuskah saya?

Tapi tidak,saya bukan ibu yang ambisius dengan selalu mengajak anak saya mengikuti beberapa lomba. Tujuan saya mengikut sertakan anak saya lomba karena saya ingin anak saya mengerti arti persaingan yang sehat,saya ingin ia menjadi anak yang berani dan mandiri,tahu kelebihan dan kekurangan dirinya setelah mengikuti lomba dan yang penting tahu bahwa dalam lomba akan ada yang menang dan kalah. Dan belum tentu dia keluar sebagai pemenangnya.

Saya melihat dalam pelombaan anak-anak adalah sketsa kecil untuk melatih anak untuk menjalankan kehidupannya. Karena dalam hidup pasti akan ada persaingan baik dalam mencapai cita-cita atau dalam mencari nafkah nantinya,dalam hiduppun akan ada masanya kita menang ketika keinginan atau cita-cita kita tercapai atau saat kita kalah ketika harapan kita tak terwujud. Tapi apapun kondisinya kita harus siap tak boleh ada kata stress,depresi atau putus asa.

Walaupun begitu ketika akan mengikutsertakan anak mengikuti suatu lomba ada baiknya kita tanya si anak,apakah dia mau mengikutinya dan jika tidak jangan sekali-kali memaksanya. Dan dari awal sudah saya katakan pada anak saya " ibu tidak mengharuskan Alifa menang,tapi ibu ingin Alifa melakukan yang terbaik"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar