Kamis, 23 April 2009

Menjelang Kelahiran...

Untuk pasangan yang baru menikah dan kemudian sang istri hamil tentu sangat menyenangkan,terutama untuk sang calon ibu begitu pertama kali mengetahui positif hamil berbagai perasaan bercampur aduk di hati.

Pengalaman saya ketika tahu hamil tentu saja merasa senang,bangga,bingung,waswas dan tentu saja rasa mual(biasa... ibu hamil emang sering mual). Hari demi hari dijalani sambil penasaran seperti apa anakku yang lahir nanti? dan dalam menunggu kelahiran itu tentu saja kita harus menyiapkan segala sesuatu untuk kelahiran nanti. Apa ya yang harus kita siapkan?

Biasanya begitu kandungan memasuki usia 6bln,kita akan fokus menyiapkan kebutuhan bayi seperti popok,baju,kain dll. Tapi jangan lupa bahwa kitapun harus menyiapkan diri untuk kelahiran anak kita,dan menurut saya yang paling harus disiapkan adalah mental kita. Hal itu dilakukan oleh ibu mertua saya dengan cara sering bercerita pengalamannya ketika melahirkan dulu,dia selalu bilang betapa sakitnya saat melahirkan tapi rasa sakit itu sekejap akan hilang begitu kita mendengar tangis anak kita.

Saya sudah sering mendengar ucapan ibu mertua dari orang lain juga jadi saya berpikir biasa orang melahirkan sakit.Tapi ketika saatnya melahirkan baru saya merasakan sendiri bahwa sakitnya orang melahirkan melebihi sakit apapun yang pernah saya derita sebelumnya,semua ucapan ibu mertua kembali teringat dalam keadaan sakit saya berusaha tabah dan kuat karena saya juga penasaran ingin segera mengeluarkan anak saya.

Satu hal yang cukup membantu menjelang kelahiran adalah saya mengikuti senam hamil,karena dalam senam itu kita tidak hanya diajarkan gerakan-gerakan untuk relaksasi tapi kita juga akan diajarkan untuk memanage rasa sakit ketika menjalankan persalinan. Bukan untuk menghilangkan rasa sakit itu tapi untuk membantu kita mengendalikan rasa sakit agar tidak menjadi lemah dan menyerah pada saat persalinan nanti.

Karena itu untuk para calon ibu yang akan melahirkan anak pertama,persiapkan mental dan fisik anda dengan sebaik-baiknya demi anak kita. Selamat menjalankan persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar