Senin, 09 Februari 2009

Kelompok Bermain Membantu Anak

Saat anak saya berumur 2 th ada keresahan di hati saya karena dia belum lancar bicara. Dia hanya mengeluarkan suara yang saya tidak tahu apa maknanya. Sempat ada keinginan untuk dibawa ke klinik tumbuh kembang anak,tapi saya melihat ada bakat lain di anak saya yaitu dia suka menari dan menyanyi walau tidak jelas kata-katanya.

Akhirnya saya putuskan untuk mencari sanggar yang bisa menyalurkan bakatnya,dan pilihan saya jatuh pada Sanggar Kreativitas Bobo (sekarang Bona).Awalnya sempat kecewa,karena saya kira tempat itu adalah sanggar seni tapi ternyata lebih mirip playgrup (kelompok bermain).

Karena sudah terlanjur mendaftar saya biarkan anak saya untuk "nyemplung" di dalamnya,dan ternyata dia sangat menikmati bertemu orang lain seperti teman dan gurunya. Ada kemajuan yang saya rasakan, 3 bln pertama anak saya mulai banyak perbendaharaan katanya, dan setelah 6 bln dia sudah lancar bicara hingga sekarang usia 4 th orang menilai dia termasuk anak yang cerewet. Selain itu diapun jadi lebih mandiri karena sudah bisa makan sendiri,buka dan pakai sepatu sendiri, merapikan barang2 bawaannya sendiri dan yang lebih penting dia menjadi siap untuk masuk Taman Kanak-Kanak. Ketika masuk TK guru2nya senang krn menilai dia sudah matang untuk usianya dan emosinya termasuk stabil

Bagi saya kelompok bermain sangat membantu anak saya dan menghilangkan kekhawatiran saya karena keterlambatan bicara di usianya. Tapi hasil atas anak saya ini tidak bisa dipukul rata,karena masalah setiap anak pasti berbeda. Banyak anak yang tidak harus melalui kelompok bermain tapi bisa tumbuh dan berkembang dengan normal. Akhirnya kembali kepada orang tua, jalan manakah yang akan diberkan kepada anak mereka masing2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar